Jumat, 01 Februari 2008

Perempuan dan Kecenderungan Global

Pada tahun 1990, Komisi perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai status wanita menemukan bahwa palaksanaan strategi jangka panjang Nairobi untuk kemajuan wanita menuju tahun 2000, yang dicetuskan tahun 1995, yang menjadi cetak biru untuk hari depan wanita disemua bidang masih ada yang tidak memadai.
Hal ini terungkap di dalam Notes for Speaker yang diterbitkan UNIC . Komisi tersebut menemukan keadaan wanita telah memburuk , terutama dinegara-negara yang sedang berkembang, dan bahwa kemunduran telah terjadi di bidang Pendidikan, lapangan kerja, dan kesehatan, dan memperingatkan jika masyarakat gagal mencapai persamaaan antara wanita dan pria (Gender), antara lain akan menyebabkan kemerosotan ekonomi dan lenyapnya pembangunan sosial , peyalagunaan sumber daya manusia dan mundurnya kemajuan masyarakat secara keseluruhan.
Kekhawatiran dan fenomena yang dirisaukan oleh Komisi PBB mengani status wanita itu menunjukkan bahwa wanita, yang dalam penegrtian perempuan , merupakan bagian intgral dalam proses pembangunan dan kehidupan manusia secara keseluruhan.

Tidak ada komentar: