Selasa, 01 Januari 2008

Kesiapan Pemuda Indonesia Hadapi Era Perdagangan Bebas

Dalam tiga puluh tahun terakhir pada masa pemerintahan orde baru telah terjadi proses transformasi soasial, ekonomi, politik dalam bebrbagai bidang terasa begitu cepat sehingga membawa berbagai konsekuensi terhadap dinamika internal masyarakat. Perubahan -perubahan tersebut tidak hanya sebagai proses pematangan sosial kemasyarakatan tetapi juga faktor-faktor kelembagaan fundamental.
Dalam perkembangan peronkonomian Indonesia dihadapkan kepada kessiapan Indonesia menghadapi era perdangan bebas, yang memungkinkan ditembusnya batas-batas negara dengan penyederhanaan peraturan-peraturan perdagangan. Persoalan utama adalah antisipasi dan persiapan yang harus dilakukan menghadapi era tersebut. Munculnya persaingan global memenuntut kita untuk selalu waspada dan siap mengantisipasi perubahan dunia yang akan terus mengelinding.
Berangkat dari permasalahan datas maka diperlukan langkah antisipasi kesiapan kita dengan menumbuhkan semangat kewirausahaan dikalangan lapisan masyarakat khususnya generasi muda. Didalam menumbuhkan semngat wirausaha kita tidak hanya bertumpu kepada pengembangan SDA tetapi bagaiaman SDM manusia Indonesia khususnya dikalangan pemuda untuk siap mengantisipasi era perdangan bebas. (bersambung)

Tidak ada komentar: